Selasa, 02 September 2014

Sepuluh Transfer Termahal Musim Panas 2014/2015

Geliat bursa transfer di musim panas ini akhirnya resmi ditutup pada pagi tadi. Beberapa transfer di detik dan menit terakhir telah terwujud, salah satunya adalah keberhasilan Manchester United mendapatkan jasa Radamel Falcao dari Monaco.

Transfer-transfer besar lain juga telah tergapai jauh sebelum hari terakhir bursa transfer musim panas, termasuk transfer termahal yang terjadi yaitu ketika Barcelona menggaet Luis Suarez dari Liverpool. Meski demikian, rekor transfer termahal sepanjang masa yang dilakukan Real Madrid untuk menggaet Gareth Bale masih belum pecah sampai saat ini.
Di bawah ini saya menyajikan daftar sepuluh transfer termahal yang terjadi pada bursa transfer musim panas 2014/15:
 
1.LUIS SUAREZ

Usia: 27 Tahun
Posisi: Penyerang
Negara: Uruguay
Klub Asal: Liverpool
Klub Sekarang: Barcelona
Nilai Transfer: 88.000.000 euro
Barcelona yang tidak akan bisa terjun dalam dua bursa transfer ke depan, jor-joran di bursa musim panas. Salah satunya, mereka mengeluarkan dana paling besar untuk mendatangkan Luis Suarez dari Liverpool, meski dengan resiko sang pemain tidak bisa dimainkan selama beberapa bulan pertama karena sanksi yang diberikan FIFA usai Suarez menggigit Giorgio Chiellini di ajang Piala Dunia 2014.

2.JAMES RODRIGUEZ

Usia: 23 Tahun
Posisi: Gelandang Serang
Negara: Kolombia
Klub Asal: Monaco
Klub Sekarang: Real Madrid
Nilai Transfer: 80.000.000 euro
Performa impresif James Rodriguez di Monaco pada musim 2013/14 mencapai puncaknya ketika ia memperkuat timnas Kolombia di Piala Dunia 2014. Pemain berusia 23 tahun itu tampil sangat menawan dan dinobatkan sebagai top skor turnamen dengan enam gol mengalahkan striker-striker top seperti Neymar, Luis Suarez dan juga Lionel Messi.

3.ANGEL DI MARIA

Usia: 26 Tahun
Posisi: Penyerang Sayap
Negara: Argentina
Klub Asal: Real Madrid
Klub Sekarang: Manchester United
Nilai Transfer: 75.000.000 euro
Angel Di Maria secara mengejutkan hengkang dari Real Madrid untuk bergabung dengan Manchester United yang tidak terlibat dalam Liga Champions musim ini. Pemain asal Argentina itu mengakui bahwa dirinya sudah lama mengagumi United dan ia menegaskan hanya akan mendarat ke Old Trafford bila hijrah dari Real Madrid.

4.DAVID LUIZ

Usia: 27 Tahun
Posisi: Bek
Negara: Brasil
Klub Asal: Chelsea
Klub Sekarang: Paris Saint-Germain
Nilai transfer: 49.500.000 euro
Paris Saint-Germain memang gemar mengeluarkan dana besar untuk mendapatkan pemain incaran mereka. Dan tidak kaget mereka berani membayar mahal untuk menggaet David Luiz dari Chelsea dengan banderol yang membuat pemain asal Brasil itu menjadi bek termahal di dunia. Namun, pembelian ini kemudian dikritik banyak pihak setelah performa buruk Luiz di Piala Dunia 2014 bersama Brasil.

 5.ELIAQUIM MANGALA

Usia: 23 Tahun
Posisi: Bek Tengah
Negara: Prancis
Klub asal: Porto
Klub Sekarang: Manchester City
Nilai transfer: 44.500.000 euro
Dari semua posisi, Manchester City mungkin hanya kekurangan di sektor bek tengah. Oleh karena itu, City bersedia membayar mahal palang pintu FC Porto, Eliaquim Mangala, dan membuatnya menjadi salah satu bek termahal di dunia. 

 6.DIEGO COSTA

Usia: 25 Tahun
Posisi: Striker
Negara: Spanyol
Klub asal: Atletico Madrid
Klub Sekarang: Chelsea
Nilai transfer: 44.000.000 euro
Chelsea bergerak cepat untuk menutupi kelemahan musim lalu, di mana para striker The Blues kurang memberi kontribusi. Diego Costa langsung didatangkan dari Atletico Madrid dengan dana sebesar 38 juta euro dan ia langsung membuktikan kualitasnya dengan mencetak empat gol dalam tiga pertandingan pertama Liga Primer Inggris.

7.ALEXIS SANCHEZ

Usia: 25 Tahun
Posisi: Penyerang Sayap
Negara: Cili
Klub Asal: Barcelona
Klub Sekarang: Arsenal
Nilai Transfer: 40.000.000 euro
Keberhasilan Barcelona memboyong Luis Suarez dari Liverpool dimanfaatkan dengan sangat baik oleh Arsene Wenger. Ia sukses membujuk Blaugrana untuk melepas Alexis Sanchez ke Arsenal meski dengan banderol yang cukup tinggi. Namun, banyak pihak menilai harga tersebut bisa dibilang 'murah' untuk pemain sekaliber Sanchez.

 8.LUKE SHAW

Usia: 18 Tahun
Posisi: Bek Sayap
Negara: Inggris
Klub asal: Southampton
Klub sekarang: Manchester United
Nilai transfer: 37.800.000 euro
Manchester United melakukan investasi besar untuk mengamankan salah satu pemain masa depan Inggris, Luke Shaw. Manajemen bersedia mengeluarkan dana besar demi mendapat tanda tangan pemain berusia 18 tahun itu dari Southampton. Namun, ia harus bisa membuktikan diri mampu beradaptasi dengan skema 3-5-2 milik Louis van Gaal di Old Trafford.

 9.ANDER HERRERA

Usia: 24 Tahun
Posisi: Gelandang Serang
Negara: Spanyol
Klub asal: Athletic Bilbao
Klub sekarang: Manchester United
Nilai transfer: 36.500.000 euro
Pemain muda lain yang didatangkan oleh Manchester United dengan banderol yang mahal, yaitu Ander Herrrera dari Athletic Bilbao. Kepiawaiannya diharapkan mampu mengangkat kreativitas lini tengah tim, sayang ia mendapatkan cedera di pekan pertama Liga Primer Inggris sehingga ia masih belum bisa membuktikan kualitasnya bersama Setan Merah.

 10.CESC FABREGAS

Usia: 27 tahun
Posisi: Gelandang
Negara: Spanyol
Klub asal: Barcelona
Klub sekarang: Chelsea
Nilai transfer: 36.000.000 euro
Chelsea secara mengejutkan memboyong Cesc Fabregas dari Barcelona di musim panas ini. Hal tersebut tidak disangka-sangka karena pemain asal Spanyol itu adalah mantan kapten Arsenal, rival sekota The Blues. Fabregas kemudian mengungkapkan bahwa dirinya bergabung dengan Chelsea karena bujukan dari Jose Mourinho.

0 komentar:

Posting Komentar